PERTEMUAN KE-16

RESUME MATERI    :  LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS

HARI/TANGGAL      :  SENIN, 8 NOVEMBER 2021

NARASUMBER        :  YULIUS ROMA PATANDEAN, S.Pd

MODERATOR           :  DAIL MA'RUF, M.Pd

PENULIS                   :  RENI LESTARI

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua, salam sehat, dan selalu semangat...

Alhamdulillah malam ini pertemuan ke-16 kelas belajar menulis, ingin sekali membuat resume dan  mengumpulkannya tepat waktu.  Aku pending dulu mengoreksi PH anak-anak, ingin fokus menyimak materi, membuar resume dari materi  yang akan dipaparkan oleh Narasumber Hebat malam ini Pak Roma, serta didampingi Moderator Keren Pak Dail.

Salam dan sapaan hangat dari Moderator acara Pak Dail membuka pertemuan ke-16 dengan kalimat yang sungguh menyejukkan peserta KBM 21 dan 22, Narasumber Hebat akan menyampaikan materi bagaimana kita menyusun buku  dengan cara mudah dan sistematis.

Seperti biasa Moderator Keren kita Pak Dail mengingatkan peserta agar berdoa sebelum memulai kegiatan, dan bagi yang belum shalat Isya dipersilakan, serta mengisi daftar hadir peserta BM 21 dan 22. Pertemuan ke-16 malam ini dibagi menjadi dua sesi yaitu :
  • Sesi 1, sesi materi  pukul 19.00-20.00
  • Sesi 2, sesi tanya jawab pukul 20.00-21.00
  • Bagi yang ingin bertanyaWa Pri ke nomor 087871926678
Materi malam ini luar biasa, materi yang cocok sekali dengan kelas belajar menulis yang sedang aku ikuti. Tidak terasa sudah terkumpul 15 resume materi, insya allah malam ini resume materi ke-16 sedang proses diselesaikan. Harapan terbesar resume yang sudah dikumpulkan bisa dijadikan sebuah buku. Bersama Narasumber Hebat Pak Roma akan berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana mewujudkan semua mimpi, Materi Super Keren "Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis".

Salam hangat dan  sapaan yang ramah Pak Roma pada Moderator Keren Pak dail, dan seluruh peserta BM 21 dan 22 membuka sesi materi malam ini. Tidak lupa beliau mengucapkan terima kasih pada Om Jay dan seluruh anggota grup Bapak Ibu Guru Keren di seluruh Indonesia. Sebelum mulai pemaparan materi Pak Roma mengenalkan diri...Beliau  mengaku sebagai pembelajar meskipun segudang prestasi dimiliki beliau. Sungguh sosok yang rendah hati.."Nama saya agak panjang, namun orangnya sebenarnya pendek," begitu kalimat yang Pak Roma sampaikan. 
Nama lengkap  : Yulius Roma Patandean.
Untuk lebih mengenal beliau, kita bisa kunjungi web beliau melalui  tautan berikut ini :
Selain mengenal biodata beliau, di web Pak Roma juga banyak materi pelajaran, bisa menambah ilmu dan wawasan kita.

Sekitar 500 peserta BM 21 dan 22 semuanya terlihat semangat menyusun buku. Terkait materi malam ini, hal apa yang sesungguhnya paling utama dalam menyusun buku? Dari banyaknya materi yang sudah disajikan, seharusnya  kita konsisten merekam dan menyimpan materi yang sudah disajikan. Karena rancangan buku sudah tersedia di laptop kita, Pak Roma  akan berbagi cara menyatukannya secara sistematis. Harapan besar Pak Roma pada peserta BM 21, 22 di akhir November ini ada 500an buku akan wara-wiri di berbagai. Luar Biasa...Semoga dimudahkan...Jelas sekali di akhir pertemuan ke-16 ini para peserta bisa menyusun buku dan punya buku sendiri, jika ini terjadi tentu literasi di negara kita semakin maju.

BAGAIMAN CARA MENYUSUN  BUKU SECARA SISTEMATIS?

Tips menyiapkan diri untuk menyusun buku secara sistematis menurut Pak Roma Narasumber Hebat kita yaitu :
  • Awali dengan menyatukan semua naskah dalam satu file Ms Word, gabungkan dulu semua naskah, mengurutkannya boleh menyusul.
  • Tuliskan JUDUL BUKU jika naskah telah siap dalam 1 file Ms Word. Judul buku akan memandu kita dalam mengembangkan, mengurangi atau menambah tulisan.
  • Buatlah PRAKATA, jika memungkinkan kita bisa menyiapkan KATA PENGANTAR dari orang lain yang kita percayakan.
  • Siapkan juga sinopsis dan foto paling keren kita di bagian TENTANG PENULIS . 
Pak Roma akan berbagi pengalaman melalui video di You Tube, silahkan subscribe channel beliau dan klik tautan berikut ini : 

Channel Keren Pak Roma, simak dan raih ilmu dan pengalaman dari channel-channel beliau terkait metode yang beliau gunakan dalam menyatukan naskah buku-buku beliau selama ini. Dari pengalaman mengetik naskah skripsi dan tesis saat kita kuliah, Pak Roma yakin peserta BM 21 dan 22 mampu melakukan penyusunan buku. Tinggal hadirkan kembali memori itu, untuk memudahkan menyusun buku. Yuk kita coba menggabungkan dengan kemampuan yang telah dimiliki dalam editing naskah buku.

Menurut Pak Roma metode tersebut  juga digunakan untuk menyatukan dan mengedit naskah-naskah buku yang dikirimkan sejumlah dosen di Tana Toraja kepada beliau, kemudian beliau  bantu untuk terbitkan di penerbit Indie yang mereka inginkan.

Dari video yang telah disimak di atas, semoga peserta BM 21 dan 22 bisa menyatukan naskah menjadi satu buku. Metode lain yang lebih baik mungkin saja ada, tapi beliau  terlanjur fokus pada metode tersebut dan dipertahankan hingga kini. 

Saat mengakhiri materi ke-16 malam ini, beliau menitip pesan pada peserta BM 21 dan 22 :
  • Agar semua materi yang ada disatukan dalam satu file Ms Word. 
  • Ada baiknya, materi-materi dari para narasumber diberi modifikasi agar menjadi naskah baru yang orisinil.
Pesan beliau yang tidak kalah pentingnya yaitu bahwa  hal-hal di atas juga  berlaku untuk naskah buku solo, jika naskahnya belum lengkap, minimal siapkan bab dan judulnya disertai sub judulnya. Ketika di-setting sistematis, akan selalu mengundang kita untuk melengkapi naskahnya. Mengapa? Karena naskah kita telah memiliki gambaran umum kerangkanya. So, let's do it!
Simak tiga video Pak Roma di atas,  ilmu untuk menyusun naskah buku secara sistematis sangat komplit dalam video-video tersebut.

Memasuki sesi tanya jawab, peserta BM 21 dan 22 sangat antusias sederet pertanyaan telah disiapkan.

P1
Saya Elis dari Bandung gelombang 22
Saya mau bertanya namun mohon maaf jika tidak berhubungan langsung dengan materi.
Pertanyaan saya, apa bedanya editor dengan kurator?
Terimakasih Bapak

J1
Salam bahagia bu.
Menurut pendapat saya bu ya..karena sejauh ini saya telah menjalani sejumlah tugas selaku editor, tapi baik editor maupun kurator pada hakekatnya sama. Itu menurut saya. Bertindak sebagai kurator, baru sekali, ketika saya menyaring naskah puisi rekan guru akhir tahun lalu. 
Intinya, peran editor dan kurator adalah mempersiapkan dan memastikan naskah buku untuk terbit. Editor bertanggung jawab untuk membaca keseluruhan naskah dari penulis, termasuk mengoreksi tata bahasa, tanda baca, dan struktur kalimat. Naskah dari seorang penulis menjadi mudah dipahami pembaca juga menjadi tugas dari editor. 
Kurator kurang lebih sama perannya, namun mungkin berbeda dari segi profesi di penerbit. Editor juga…

Luar biasa..mari kita berlelah-lelah dulu bahkan hingga subuh menyiapkan naskah buku..ketika naskah terbit ber-ISBN..jangan lupa merayakannya bersama sederet orang-orang terdekat bapak/ibu.....KEREN......"saya sudah alhamdulillah buku solo terbit ...luar biasa senangnya. mksh ilmu dari bapak dan semua narasumber", ungkap Pak Dail.

P2 
Bu Anis.
Bismillah, Materiny super bener bpk.ijin bertanya ttg kumpulan resume yg disusun jd buku ini apakah harus satu jenis tulisan atau boleh bervariasi? maksudnya ada bentuk cerita, esai dan lainny bercampur atau gmna? terimakasi berbagi ilmunya.

J2
Buat ibu Anis. 
Salam Bahagia.
Gabungkan saja semua style menulisnya bu. Jadikan itu sebagai bumbu racikan untuk naskah bukunya. Mungkin ada Bab yang serius, tiba-tiba muncul Bab narasi... Tentunya jika ibu pertahankan demikian, akan meninggalkan kesan tersendiri bagi pembacanya. Di buku CLBK, saya praktekkan demikian bu. naskah buku mirip kompilasi lagu mendiang sang mastro Didi Kempot. Yakinlah naskah ibu yang variatif nantinya menghibur.
Terima kasih.

P3
Dani dari  Lebak
Pak bagaimana supaya Blog dan youtube  kita bisa dapat iklan dan hasilkan uang?.
Apa Bapak juga sudah merasakan manfaat dari blog dan channel  youtube bapak?

J3
Buat bapak Dani dari  Lebak.
Salam Bahagia.
Waduh..saya jawab jujur ya.... kalau terkait blog bisa monetisasi, mungkin pakarnya Omjay dan pak Dedi Dwitagama..... Blog saya sifatnya masih personal pak, belum monetisasi. 
nah, kalau YouTube, ya saya bersyukur saja, konsistensi saya mengajar online via Zoom dan YouTube selama setahun ternyata membuahkan hasil pak. Pastikan jam tayang mencapai 4000 jam dan 1000 Subscriber. Itu syarat utama dari YouTube. Kemudian konten tidak mendapat klaim hak cipta. Jadi, video saya mengajar yang apa adanya, saya petik hasilnya juga. Alhamdulillah ada pembeli pulsa ala kadarnya pak.  Saran saya, konsisten saja pak buat konten orisinil di YouTube. Lambat laun akan berkembang. Memang harus diakui, konten pendidikan peminatnya…

P4
Maman dari Cianjur.
Bagaimana respon murid dan orang tua murid dengan langkah bapak yang memuat materi pelakajaran di web bapak?

J4
Buat pak Maman dari Cianjur.
Respon murid dan orang tua murid dengan langkah saya yang memuat materi pelajaran di web. Khusus siswa, mereka baru memahaminya di PTMT, bahwa materi di web memaksimalkan penggunaan waktu. Materi yang saya titip di blog, google classroom dan YouTube sebenarnya telah membantu siswa saya untuk lebih efektif belajar. Umumnya, teori yang saya simpan di web, saya kirimkan link sebelum kelas PTMT dan kelas online. Sebelum diskusi di kelas, saya bertanya siapa yang sudah menyimak materi/penjelasan di rumah, lalu saya pisah yang sudah nyimak dan yang belum. Ternyata di pembahasan soal/diskusi, yang belajar materi di rumah lebih baik. Di sinilah siswa saya menerima maksud dari konten materi di YouTube/web. Dan ini adalah pengembangan …

P5
Perkenalkan Nama saya Arham Asal SMK Negeri 1 Banawa Selatan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah Gel 21, setelah saya menyimak dari paparan materi Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis yang sudah di tuangkan dalam bentuk tulisan di WA dan menyimak di chanel Youtube bapak Roma, 
saya tertarik dengan metode yang bapak gunakan sebelum membuat suatu karya tulis dan di terbitkan oleh penerbit, pertanyaan saya adalah bagaimana memunculkan ide menyusun kerangka Buku yang sistematis karena untuk menyusun draft itu tidak mudah karena saling keterkaitan antara isi dan judul buku itu sendiri, Terima kasih sebelumnya.

Malam ini, sambil berbagi dengan bapak ibu, saya membuat lagi video belajar untuk siswa saya. Demi memaksimalkan waktu mengajar yang cuma satu jam di sekolah.
Siap..saya minum air dulu..... memberi asupan jari-jari 

J5
Buat pak Arham dari SMK Negeri 1 Banawa Selatan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Gel 21.
Cara memunculkan ide menyusun kerangka buku yang sistematis :
1. Pertama Tuliskan apa yang terlintas di kepala, walaupun hanya 3-5 kalimat saja, lalu mentok. Tulis
    dan simpan. Tambahkan judul/subjudul menggunakan metode di video.
2. Lengkapi naskah dengan gambar orisinil (jepretan sendiri). Gambar  membantu kita menyampaikan
    ide.
    Contoh pada gambar di  naskah CLBK. Di buku ini. 98% gambar pemanis naskha saya berasal dari
    kegiatan harian saya. Ini juga membantu saya tidak terkena klaim hak cipta. Ketiga Hubungkan judul
    demi judul yang memiliki keterkaitan di fase editing. Tambahkan dan kurangi jika memungkinkan.
    Tidak menutup kemungkinan muncul judul baru dari penga…

P6
Assalamualaikum..saya yuyum dari Lebak..bila kita sudah menerbitkan buku siapa kira² yang akan membeli buku kita?
Terimakasih

J6
Buat ibu Yuyum dari Lebak. 
Waalaikumsalam ibu. 
Naskah terbit, siapa pembelinya? Menarik. Untuk buku solo terbitan Indie, promosikan ke rekan sejawat di sekolah, KKG,MGMP, teman di media sosial. Jika ada yang berminat, alhamdulillah.  Namun, prinsip saya, menulis bukan untuk menjual. Jika ada yang membeli, itu adalah apresiasi atas pencapaian kita. Saya sepakat dengan bapak H. Thamrin Dahlan dari YPTD, menulislah untuk memiliki mahkota keabadian. Kalaupun ada royalti atas buku kita jika beruntung terbit di penerbit mayor, maka itu adalah bonus. >>>>>>>> (Titip salam buat penerbit ANDI, pak @+62 812-2739-971 pak @+62 811-2936-680 dan pak @edis mulyanta yang telah memberi saya royalti atas 2 buku yang saya tulis bersama prof. Eko.)😊

 P7 
Assalamualaikum warahmatullahi wabaraokatuh semoga sehat dan sukses ,
sy tanya ke pak Roma ,1 ,apakah buku solo yang dibuat oleh peserta pelatih ,dari beberapa sumber ,peserta boleh milih salah satu judul ,atau semua resume dari pertama dan sampai terakhir di buat buku solo ?


J7
Buat NN
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh. Terima kasih. 
Jika kreatif, boleh pilih satu atau dua materi untuk dikembangkan sendiri. Judul tanyakan ke isi hati, kata apa yang paling mewakili perasaan dan semangat menulisnya. Contoh pada sampul yang saya utak-atik semalam ini. Cover, judul dan sinopsis sudah ada, tapi naskahnya masih nihil. Tapi, cover inilah yang akan memotivasi saya menulis. 
lalu, jika minim waktu mencari ide, kumpulkan saja semua materi dan berikan judul yang sesuai dengan resume yang beraneka ragam tadi, misalnya: TIPS JITU MENULIS, TRIK CEPAT MENERBITKAN BUKU, METODE MENULIS BERSAMA PAKAR, dll....... Saya yakin bapak/ibu pasti bisa merangkai judul yang mewakili mimpinya menerbitkan buku.

P8
Ass...terimakasih atas ilmu yang telah diberikan. 
Perkenalkan saya Umi Agus Farida mohon izin bertanya, bolehkah membukukan puisi2 yang sudah lama tersimpan di buku tulis , apakah harus diurutkan tgl.cipta puisinya dan bagaimana membukukannya?Terimakasih.

J8
Buat ibu Umi Agus Farida.
Wah ..sangat setuju bu...ayo segera kumpulkan bu...pasti naskahnya keren nanti. Tinggal ketik ulang, poles rimanya dan tambahkan sedikit-sedikit pemanis frase....Saya juga kerap menulis puisi dan pantun jika ide menulis buku mentok.  Tulisan-tulisan itu saya titip di akun WA dan saya beri tanda bintang agar tidak hilang..... Oya..semester ini saya juga mengajak siswa saya menulis puisi berbahasa Inggris bu.....

Mengakhiri sesi tanya jawab Pak Dail selaku Moderator keren malam ini berterima kasih kepada semua peserta BM 21 dan 22 terutama kepada Pak Roma selaku Narasumber yang super Keren. Guru yang Digital banget. Inspratif tentu saja. Tidak lupa Pak Dail meminta Pak Roma untuk memberikan closing statement atau kalimat motivasi untuk semua peserta BM 21 dan 22.

"Mari menulis untuk menjadi saluran berkah bagi orang banyak. Biarkanlah jejak menulis itu abadi hingga kita berkalang tanah. Raga boleh tiada tapi ide dalam tulisan akan abadi seumur bumi ini" closing statement Luar Biasa dari Narasumber Hebat luar Biasa Pak Roma, sekaligus kesimpulan materi pertemuan ke-16 dari Moderator Hebat kita Pak Dail. 

Terima kasih sekali pada Pak Roma dan Pak Dail selaku Narasumber Hebat dan Moderator Keren pertemuan ke-16 malam ini, Anda berdua sosok Luar Biasa dengan ilmu dan pengalaman yang anda dimiliki dan kesediaan berbagi pada kami peserta BM 21 dan 22 ini. Semoga berkah dan pahala senantiasa tercurah untuk anda semua. Semoga ilmu dan pengalaman dari pertemuan ini semakin menguatkan niat dan motivasiku menjadi penulis hebat dengan karya penuh berkah dan manfaat. Aamiin...semoga Alloh ijabah doaku  ini...

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh...
Salam Literasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini